PERTAMINA
1. Rebranding
Pengertian Rebranding adalah suatu upaya atau usaha yang dilakukan oleh perusahaan atau lembaga untuk merubah total atau memperbaharui sebuah brand yang telah ada agar menjadi lebih baik, dengan tidak mengabaikan tujuan awal perusahaan, yaitu berorientasi profit. Rebranding sebagai sebuah perubahan merek, seringkali identik dengan perubahan logo ataupun lambang sebuah merek. Dengan kata lain, ketika melakukan rebranding maka yang berubah ialah nilai - nilai dalam merek itu sendiri. Pada umumnya sebuah perusahaan melakukan rebranding karena beberapa alasan, di antaranya :
1.Alasan finansial, perusahaan secara finansial melakukan reorganisasi dan sebuah identitas baru diperlukan untuk hal itu.
2.Adanya kepemimpinan baru, untuk mengiringi awal kepemimpinannya, mereka ingin “tanda atau simbolnya” sendiri di perusahaan yang dipimpinnya.
3.Analisa prospektif pasar, setelah sekian tahun perusahaan perlu menegaskan kembali targetnya dan merencanakan mengubah positioningnya pada area yang baru, sehingga perlu citra yang baru pula untuk merefleksikan hal tersebut.
4.Merger, beberapa perusahaan bergabung menjadi satu perusahaan yang baru dengan nama baru.
Selain beberapa alasan sebuah perusahaan untuk melakukan rebranding, seperti yang dijelaskan di atas, ada beberapa alasan lain dari perusahaan untuk melakukan rebranding, yaitu :
1.Identitas dari perusahaan tersebut tidak dapat mewakili pelayanan dari perusahaan tersebut.
2.Perusahaan tersebut sudah memiliki reputasi yang buruk di mata masyarakat.
3.Perusahaan tersebut ingin memberikan sesuatu yang baru, berupa pembenahan dalam perusahaan.
Rebranding memakan waktu yang lama karena harus mempertimbangkan beberapa faktor, diantaranyaFaktor Internal dan Faktor Eksternal.
-Faktor Internal misalnya, perusahaan harus mempertimbangkan secara matang apakah perubahan ini membawa pengaruh yang besar bagi karyawannya dalam menjalankan tugasnya, karena karyawan harus memperkenalkan kembali logo baru tersebut ke masyarakat. Dalam melakukan rebranding perusahaan sedikit banyak harus mendapat kesempatan bersama dari para karyawannya.
-Faktor Eksternal ialah masyarakat dan stakeholder. Perusahaan harus
mempertimbangkan juga apakah dengan perubahan brand, masyarakat memahami maksud dan tujuan yang hendak dicapai perusahaan.
Untuk menciptakan brand sebuah perusahaan tidaklah mudah. Ada dua komponen penting yang perlu dipertimbangkan, yakni tampilan dan bahasa. Tampilan berhubungan dengan logo bisnis atau produk. Sebuah logo yang efektif seharusnya :
-Unik dan menarik bagi target market.
-Mampu menggambarkan sifat alami bisnis, produk, atau servis. Hal ini dapat ditafsirkan dengan dua cara yaitu literal dan abstrak.
-Tidak mudah usang/ketinggalan jaman karena pergantian waktu (tahan lama).
-Dapat diterapkan dalam semua konteks potensi komunikasi.
Aspek yang sama pentingnya dalam membuat brand ialah bahasanya atau cara mengungkapkannya. Hal ini sering dijelaskan sebagai tagline atau cara memposisikan pernyataan. Hal ini digunakan untuk meyakinkan konsistensi dan kelanjutan dari kedua hal yaitu penampilan dan bahasa menggambarkan perusahaan yang sekarang kepada pelanggan. Dalam perkembangannya, rebranding sering dikaitkan dengan brand repositioning, padahal dua hal tersebut sangatlah berbeda satu dengan yang lainnya. Pengertian dari brand repositioning sendiri, adalah pemberian posisi atau makna baru pada brand yang sudah ada, dengan cara memperbaiki produk atau jasa yang ditawarkan, tanpa merubah nama brand. Mengapa kedua istilah ini sering digunakan bersamaan atau secara bergantian adalah karena umumnya pada saat melakukan rebranding, perusahaan juga sekaligus menggunakan kesempatan ini untuk brand repositioning. Banyak pemasar yang mempertimbangkan brand repositioning sebagai respon dari perubahan selera konsumen, tekanan kompetisi, tekanan dari channel/distribusi, dll. Sedangkan faktor yang umumnya mendasari rebranding berkisar pada tekanan eksternal seperti regulasi, konsekuensi penjualan / pembelian merek, merger antar perusahaan, proses harmonisasi merek di tingkat global, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar