Selasa, 17 Desember 2013

YOGYA (KRjogja.com) - PT Pertamina (persero) Tbk siap menjadi salah satu pelaku industri minyak dan gas, panas bumi serta energi terkemuka di tanah air maupun di dunia. Bahkan, Pertamina sudah mengakuisi lapangan atau blok minyak yang sudah berproduksi di sejamlah negara, seperti Aljazair dan Irak.

Komisaris Utama PT Pertamina (persero) Tbk Edy Hermantoro menegaskan hal itu dalam Kuliah Umum Pertamina Mengajar Bertema 'Ayo Indonesia Mendunia' di Auditorium Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Minggu (8/12/2013). Turut hadir General Manajer Operasi Regional IV Subagyo Hari Mulyanto.

Kegiatan ini dibuka Dekan FE UNY Dr Sugiharsono dengan dihadiri civitas FE UNY. Selain kuliah umum, dalam kesempatan ini jajaran Pertamina dan civitas FE UNY juga melakukan penanaman pohon di lingkungan FE UNY. Harapannya, program ini bisa berkelanjutan sebagai bentuk peduli Pertamina terhadap pendidikan.

Edy Hermantoro mengatakan, beberapa blok minyak yang diakuisi Pertamina di dalam negeri juga sudah beroperasi seperti ONWJ (Laut Jawa), WMO (Utara Madura), West Natuna Offshore, dan Ujung Pangkah Offshore (Jatim). Bahkan, Floating Storage & Regasification Unit yang pertama di lepas pantai Jakarta.

Artinya kata Edy Hermantoro, Pertamina bukan saja siap menjadi salah industri minyak dan gas, panas bumi serta energi terkemuka di dalan negeri, namun sudah siap berkompetisi dengan industri sejenis dari luar negeri. Namun, demikian diakui untuk menuju capaian itu tidaklah tanpa kendala.

Meskipun Indonesia digadang-gadang menjadi salah satu negara terkemuka di dunia dengan capaian ekonomi mengembirakan. Namun, tingkat kemiskinan dan penggangguran juga masih tinggi. Bahkan, sejumlah kebijakan nasional seringkali tidak berpihak terhadap industri dalam negeri.

Untuk itu, peningkatan tata kelola perusahaan yang bersumber pada kebijakan mikro maupun makro nasional yang dilaksanakan Pertamina tidak bisa dianggap sepele. Guna mendukung program Pertamina unggul, peningkatkan kualitas sumber daya manusia menjadi penting.

Salah satunya melalui program CSR terintegrasi dengan tema 'Pertamina Sobat Bumi'. Seperti bidang pendidikan 'Bright With Pertamina', kesehatan 'Pertamina SEHATI', desa binaan 'Green Vilage' sampai pembinaan kewirausahaan 'Eco-preneurship'. (Asa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar